6 Tips Memilih Influencer untuk UMKM, Nomor 4 Sering Disepelekan

micro influencer Indonesia,

Memilih influencer untuk endorse bukanlah perkara mudah untuk dilakukan. Apalagi untuk kelas UMKM, banyak pertimbangan yang harus dipikir sebelum menentukan influencer. Selain masalah tarif, endorse influencer untuk UMKM harus melihat aspek efektivitasnya. UMKM harus bisa memastikan bahwa promosi akan menghasilkan dampak yang baik terhadap bisnis. Nah sebagai referensi, kami sudah menulis 6 tips memilih influencer yang bisa Anda coba.

Lihat Jumlah Follower

Melihat jumlah followers adalah hal pertama yang wajib dilakukan. Jumlah followers yang banyak membantu produk Anda untuk dikenal secara lebih luas. Sehingga, tarif yang dikeluarkan untuk endorse pun tidak sia-sia. Adapun influencer yang cocok untuk UMKM adalah nano dan mikro influencer. Mereka memiliki followers antara seribu hingga puluhan ribu di platform media sosial.

Perhatikan Interaksi

Memperhatikan interaksi adalah hal kedua yang perlu dilakukan. Sama halnya dengan followers, interaksi adalah yang penting untuk seorang influencer. Dengan memperhatikan interaksi, setidaknya Anda akan terhindar dari fake influencer yang membeli followers di sosial media mereka.

Kemudian, baik tidaknya interaksi bisa dilihat dari banyaknya like dan komentar yang dimiliki. Beberapa influencer punya banyak like dan komen meskipun followersnya masih sedikit. Influencer seperti inilah yang recommended untuk promosi UMKM Anda.

Sesuaikan dengan Kategori Bisnis

Memilih influencer untuk UMKM harus disesuaikan dengan kategori bisnis yang dijalankan. Misalnya, jika menjalankan bisnis fashion maka pilihlah influencer yang memiliki interest di bidang ini. Anda bisa melihat dari banyaknya konten OOTD yang menghiasi kolom media sosialnya. Intinya, semakin relate influencer dengan bisnis Anda, maka isi promosi pun menjadi lebih kredibel.

Pertimbangkan Influencer dari Satu Daerah

Menggunakan jasa influencer dari satu daerah perlu juga untuk dipertimbangkan. Influencer dari satu dareah lebih memahami karakteristik lingkungan, masyarakat sehingga bisa mencapai target yang diinginkan. Selain itu, influencer yang berada di satu dareah juga lebih mudah di ajak kerja sama. Anda bisa mengatur waktu pertemuan secara efektif, dengan biaya operasional yang lebih murah.

READ  Ketagihan Bikin Konten Setiap Hari dengan Ultra Wide Camera dari Samsung A23

Sesuaikan Budget Promosi

Menyesuaikan budget promosi adalah hal terpenting saat menggunakan jasa paid promote. UMKM tidak memiliki dana promosi sebesar bisnis lain yang sudah maju. Mereka pun harus lebih selektif dan memastikan bahwa biaya  promosi tidak mengganggu biaya operasional. Nah untungnya, Ada jenis influencer mikro yang menawarkan tarif murah mulai dari puluhan ribu saja.

Daftar di Influencer Marketing Platform

Mendaftar di influencer marketing platform adalah tips terakhir memilih micro influencer Indonesia untuk UMKM. Salah satu platform yang recommended adalah Infina.id. Keuntungan mendaftar di Infina.id adalah Anda tidak perlu bingung dalam mencari pilihan influencer yang dibutuhkan. Infina sudah menyesuaikan influencer sesuai dengan interest dan kategori keahliannya. Dengan modal Rp15.000 saja, Anda sudah bisa mempromosikan UMKM  ke netizen di seluruh Indonesia.

Author: rama

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *