Ini Tanda Wiper Mobil Harus Diganti

oli berkualitas

Memasuki musim hujan, jangan sampai melewatkan jadwal servis mobil Anda, ya. Pastikan Anda mengganti oli mobil dengan oli berkualitas secara rutin karna oli membantu melumasi setiap mesin mobil sehingga memperpanjang usia mobil. Jarang mengganti oli atau bahkan menggantikan dengan oli yang tidak berkualitas akan memperpendek umur mesin mobil Anda. Selain teratur mengganti oli monil, Anda juga perlu membersihkan filter udara dan AC serta mengecek kondisi rem mobil Anda. Mengingat ini musim hujan, banyak bagian mobil yang Anda harus perhatikan, salah satunya wiper mobil yang sering terlewat. Wiper bertugas sangat penting untuk menyapu air hujan dari kaca depan mobil. Jika bermasalah, bisa mengganggu pengendara ketika melihat jalan.

Umumnya masa pakai wiper bertahan 6-12 bulan, tergantung seberapa sering pemakaiannya. Mengingat wiper kaca depan terbuat dari karet yang gampang terurai dan getas, kinerja wiper pun akan berkurang dari waktu ke waktu. Jika sudah getas dan dibiarkan tetap dipakai, bisa menimbulkan lecet pada kaca dan mengganggu visibilitas pengendara. Maka dari itu disarankan untuk mengganti setiap satu tahun sekali. Namun bisa saja penggantian wiper dilakukan lebih cepat dari waktu ganti ketika wiper sudah menunjukkan ciri-ciri untuk diganti. Berikut tanda wiper mobil harus diganti:

 

1. Meninggalkan Bekas

Wiper yang masih bagus bisa menyeka air dan debu di kaca dengan sempurna hingga terlihat bersih dan tidak meninggalkan noda atau bekas. Jika ternyata wiper meninggalkan noda atau bekas bergaris, atau masih adanya debu tertinggal di permukaan kaca, maka wiper Anda harus segera diganti. Itu pertanda bahwa karet wiper sudah kurang elastis, getas, atau mengeras.

 

2. Muncul Bunyi Berisik

Tak hanya meninggalkan bekas, jika ketika digunakan wiper mengeluarkan bunyi berdecit atau berderit, itu pertanda bahwa wiper harus diganti. Bunyi ini berasal dari karet yang mengeras, jika terus dibiarkan dan digunakan maka akan menimbulkan baret atau lecet pada kaca. Wiper yang bagus ditandai dengan bunyi yang senyap saat digunakan.

READ  Sekilas Tentang Toyota Corolla Great

 

3. Pergerakan Wiper Lambat

Jika wiper yang karetnya sudah mengeras dan kurang elastis tetap digunakan, lambat laun bisa semakin parah dan pergerakannya tidak lagi mulus di permukaan kaca. Kondisi tersebut menandakan bahwa karet sudah benar-benar mengeras dan tidak lagi elastis.

 

4. Rangka Wiper Bengkok

Wiper kaca didesain sedemikian rupa untuk menyapu bagian kaca mobil. Jika saat digunakan wiper tidak menyapu area cakupannya dengan baik, segera cek kondisi wiper Anda, terutama logam kaku dan plastik yang menahan bilah tempatnya. Bisa jadi wiper kaca tersebut bengkok sehingga tidak bisa menyapu area kaca dengan baik.

 

5. Perekat Karet Rangka Wiper Rusak

Tanda wiper harus ganti tidak harus dari masa pakai karetnya saja.Tapi bisa juga karena perekat karet yang menahan bilah ke rangka sudah rusak. Karet yang terlepas hanya tertahan sebagian pada rangka wiper. Hal ini bisa menyebabkan kinerja wiper secara keseluruhan tidak sempurna.

 

Pemeliharaan bagian mobil ini jangan disepelekan, ya! Meski ukurannya yang tidak terlalu besar tetapi wiper mempunyai peran penting terhadap keselamatan Anda saat berkendara di bawah hujan.

 

 

Author: rama

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *