Olahraga Di Rumah Yang Aman Untuk Ibu Hamil

olahraga di rumah

Bagi seorang ibu hamil memang diharuskan untuk mengurangi aktivitas-aktivitas berat yang dapat berisiko mengganggu kesehatan janin. Walaupun begitu, bukan berarti seorang ibu hamil hanya bersantai tanpa melakukan aktivitas apapun di rumah. Ada banyak aktivitas fisik, hingga macam-macam olahraga ringan yang punya banyak manfaat bagi ibu dan perkembangan janin.

Sebagai ibui hamil bukan alasan untuk berhenti atau tidak olahraga sama sekali. Justru sangat disarankan rajin olahraga selama kehamilan demi menjaga kebugaran tubuh dan mendukung kesehatan janin. Selain memperlancar persalinan, ibu hamil yang rajin olahraga bahkan dipercaya akan melahirkan bayi cerdas.

Tentu saja sebelum berolahraga ibu hamil harus konsultasi terlebih dahulu ke dokter kandungan untuk menentukan olahraga yang boleh dan tidak boleh dilakukan yang disesuaikan dengan kondisi tubuh.

 

Berikut ini olahraga di rumah untuk ibui hamil, diantaranya :

Jalan kaki

Jalan kaki merupakan salah satu jenis olahraga ringan dan sangat mudah dilakukan di rumah. Berjalan kaki di sore hari mempunyai banyak manfaat untuk tubuh, termasuk untuk ibu yang sedang hamil. Rutin jalan kaki bisa dilakukan mulai dari trimester pertama hingga trimester akhir menjelang melahirkan. Biasakan untuk berjalan kaki selama 30 menit per hari. Ingat tetap harus berhati-hati saat berolahraga.

Senam Hamil

Senam sudah menjadi olahraga untuk ibu hamil yang banyak disukai. Terlebih, senam aman dilakukan di setiap usia kehamilan. Senam dapat membantu meningkatkan stamina, kekuatan, dan kelenturan tubuh ibu hamil dan  bisa dilakukan di rumah melalui video yang bisa didapatkan di Youtube.

Namun, bagi ibu yang baru saja mulai olahraga, sebaiknya ikuti kelas senam hamil di studio yang dipandu instruktur handal. Ini dapat memperkecil risiko cedera yang mungkin terjadi saat berolahraga sendiri tanpa pengawasan.

READ  Selain Merangkak, Bayi 7 Bulan Bisa Apa Saja?

Yoga

Ini merupakan salah satu olahraga yang baik dan dianjurkan kepada ibu hamil. Dengan melakukan olahraga yoga dapat membantu otot tubuh menjadi lebih lentur dan rileks. Selain itu, dengan olahraga yoga ibu hamil dapat melatih pernapasan dengan baik sehingga dapat berguna nanti ketika menjalani proses persalinan.

Senam Kegel

Senam kegel merupakan senam yang dilakukan untuk tujuan mengencangkan dan menguatkan otot panggul bagian bawah seperti otot rahim, kantung kemih dan usus besar. Senam ini baik dilakukan untuk ibu hamil.

Dengan melakukan senam kegel dapat memberikan manfaat otot panggul yang lebih kuat dan elastis pada ibu hamil, sehingga dapat memperlancar proses persalinan. Olahraga macam ini juga dikatakan dapat menghindarkan dari risiko episiotomy, atau sayatan saat melahirkan dengan normal.

Author: rama

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *