Pengertian G20 dan Sejarah Singkat Pembentukannya

G20 adalah

G20 adalah forum yang saat ini sangat gencar sekali dibicarakan oleh masyarakat. Pasalnya G20 terkenal di telinga masyarakat setelah penunjukkan artis terkenal nan cerdas Maudy Ayunda sebagai juru bicara forum G20.

Namun ternyata tidak banyak orang yang mengetahui tentang pengertian serta manfaat dari adanya G20. Bahkan beberapa orang tidak peduli dengan adanya kesempatan besar seperti forum internasional ini. Pasti penasaran kan apa sih G20 dan bagaimana sejarah pembentukannya? Yuk simak artikel berikut untuk menambah pengetahuan Anda.

Pengertian G20

Group Of Twenty atau yang biasa disebut dengan G20 adalah sebuah forum utama yang digunakan kerjasama ekonomi internasional antar negara anggota G20 itu sendiri. Dimana G20 ini memiliki anggota negara-negara dengan kondisi perekonomian terbesar di dunia. Yang terdiri dari 19 negara dan 1 lembaga Uni Eropa.

Daftar negara G20 adalah Afrika Selatan, Amerika Serikat, Arab Saudi, Argentina, Australia, Brazil, India, Indonesia, Inggris, Jepang, Italia, Kanada, Jerman, Republik Korea, Meksiko, Rusia, Tiongkok, Perancis, Turki dan Uni Eropa.

Sedangkan representasi dari G20 ini sendiri terdiri dari 60% populasi bumi, 75% perdagangan global, dan 80% PDB dunia. Dengan peran nyatanya sebagai penanganan krisis global keuangan tahun 2008.

Peran nyata dari G20 selanjutnya adalah adanya kebijakan pajak untuk mendorong pertukaran informasi terkait pajak. Kontribusi dalam penanganan pandemi Covid-19. G20 juga akan memberikan peran nyata untuk penanganan isu-isu lainnya seperti perdagangan, pembangunan dan iklim.

Sejarah Singkat Pembentukan G20

Pembentukan G20 ini sendiri berangkat dari kekecewaan komunitas internasional terhadap kegagalan G7 dalam mencari solusi atas permasalahan krisis global yang sempat melanda dunia.

Dengan pandangan adanya kepentingan bagi negara-negara berpendapatan menengah serta memiliki pengaruh ekonomi yang signifikan harus diikutkan dalam perundingan ini agar dapat menemukan solusi dari permasalahan ekonomi global.

READ  Bantuan untuk Anak Asmat Dari Anda Semua

Sehingga pada tahun 1999 atas saran dari para Menteri Keuangan G7 untuk membentuk Negara G20. Dan pada tahun tersebut juga mulai mengadakan pertemuan untuk membahas respon terhadap krisis keuangan yang terjadi secara global. Nah sejak saat itu pertemuan tingkat Menteri Keuangan ini dilaksanakan secara rutin pada musim gugur.

G20 ini tidak memiliki secretariat permanen, namun G20 memiliki tuan rumah (presidensi) yang ditetapkan secara konsensus pada KTT. Penetapan presidensi ini berdasarkan sistem rotasi kawasan dan berganti setiap tahunnya.

G20 ini memiliki manfaat yang luar biasa bagi Indonesia. Terutama untuk memperkenalkan pesona wisata yang ada di Indonesia seperti pantai yang ada di Bali, wisata goa menarik, hingga wisata budaya seperti museum.

G20 adalah salah satu media promosi wisata Indonesia. Sehingga dalam rangka memperingati Hari Pariwisata Dunia dan mendukung upaya pemerintah ini Anda harus turut serta dalam mempromosikan berbagai wisata menarik yang ada di Indonesia. Mulai dari yang terdekat dari rumah Anda sampai pada wisata terkenal seperti Labuan Bajo dan lain-lain.

 

Author: rama

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *