Pentingnya Menerapkan Digital Supply Chain Pada Bisnis Anda!

Digital Supply Chain

Digital Supply Chain mampu menjawab tantangan rantai pasokan yang semakin dinamis. Saat ini semua bisnis dituntut serba cepat termasuk dalam menjalankan rantai pasokannya. Rantai pasokan analog harus mampu beralih ke rantai pasokan digital yang lebih cepat dan mudah.

Menjamurnya e-commerce dan media berbelanja secara digital ini membuat konsumen menuntut mendapatkan produk yang mereka inginkan dengan cepat. Terlebih saat pandemi ini banyak yang melakukan belanja secara online dan rantai pasokan yang paling merasakan dampaknya.

Perbedaan Supply Chain Digital dan Analog

Yang membedakan rantai pasokan digital dengan analog adalah rantai pasok analog ini tugas dan mata rantainya dilakukan secara fisik dan non elektronik dimana pelanggan membeli melalui telepon, surat fisik atau melalui faks.

Nantinya permintaan ini akan ditindaklanjuti dengan mengeluarkan tagihan. Informasi dan komponen produk dimasukkan manual ke dalam laporan dan sistem, bahkan pesanan pembelian ditulis dengan tangan. Digital Supply Chain merupakan rantai pasokan yang mana menjadi hasil dan penerapan teknologi dan elektronik dalam setiap ujung. Konektivitas elektronik menjadi inti dari rantai pasokan digital.

Penggunaan rantai pasokan berbasis digital ini akan menggantikan dan meniadakan penggunaan kertas, menghilangkan masukan maupun pembaruan data dengan cara manual dimana semuanya dilakukan dan diubah dengan cara otomatis. Rantai pasokan digital ini juga akan menghilangkan permintaan melalui panggilan telepon dan sebagainya karena permintaan bisa dilakukan secara otomatis.

Rantai pasok digital menggunakan penyebaran sensor secara elektronik. Rantai pasokan ini mampu melacak secara nyata atau real time pergerakan semua barang dari berbagai aspek mulai dari manufaktur, transportasi dan logistik.

Rantai pasokan digital mampu menciptakan laporan yang lebih real time karena konektivitas elektronik dilakukan dari ujung ke ujung. Hal ini memungkinkan perusahaan mampu melakukan manajemen kinerja dan melakukan optimalisasi termasuk rantai pasokan yang paling rumit sekalipun.

READ  Mengulik 4 Tips Jitu Merawat Perangkat Pengeras Suara Agar Tetap Awet

Digitalisasi Rantai Pasokan

Jika Anda masih menggunakan rantai pasokan analog sudah saatnya Anda menerapkan digitalisasi pada rantai pasokan Anda. Selain lebih cepat dan efisien, digitalisasi rantai pasokan akan membuat konsumen lebih puas dengan pelayanan perusahaan Anda. Infrastruktur digital yang kuat ini akan membuat perusahaan Anda bisa beradaptasi lebih cepat dalam semua aspek bisnis.

Tidak hanya rantai pasokan saja namun digitalisasi ini bisa dilakukan mulai dari pemesanan online, otomatisasi proses, analisis Big Data. Anda juga akan menggunakan AI untuk membuat perusahaan Anda bisa memprediksi trend dengan mudah dan masih banyak lagi lainnya. Digitalisasi ini elemen yang penting karena menjadi akses andal dan membuat perusahaan meminimalkan kesalahan dalam pengelolaan rantai pasokan.

Buat rantai pasokan Anda menjadi lebih maksimal dengan solusi SOLTIUS. Perusahaan penyedia solusi IT terbaik di Indonesia ini menyediakan berbagai macam solusi terbaik untuk bisnis Anda termasuk supply chain di bisnis Anda. Buat digitalisasi supply chain di perusahaan Anda berjalan lebih optimal dengan solusi dari SOLTIUS. Anda bisa klik link ini untuk mendapatkan informasi produk digital supply chain yang lebih detail.

Author: rama

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *