Perlunya Orang Tua Berkunjung ke Klinik Dokter Anak Secara Rutin

Klinik Dokter Anak

Kondisi fisik anak dengan orang dewasa tentu berbeda. Oleh karena itu dokter yang menanganinya juga mempunyai spesialisasi tersendiri. Klinik Dokter Anak tak hanya dikunjungi untuk melakukan imunisasi saja tetapi para orang tua juga bisa mengkonsultasikan kondisi perkembangan anaknya. Tumbuh kembang si kecil akan berjalan dengan baik dengan bantuan ahlinya.

Jenis Konsultasi yang Bisa Dilakukan ke Dokter Anak

1. Mendeteksi Dini dan Pengobatan Cacat Bawaan

Imunisasi adalah hal yang bisa dilakukan saat berkunjung ke dokter anak. Imunisasi sangat penting dalam membantu perkembangan anak sehingga tidak mudah terserang penyakit. Tak hanya imunisasi, dokter anak juga bisa menangani hal lainnya seperti pengobatan penyakit bawaan pada anak.

Semua cacat bawaan memerlukan pengobatan. Cacat bawaan yang tidak menimbulkan rasa sakit atau tidak membatasi gerak tubuh anak sebenarnya tidak peru pengobatan secara medis. Tetapi bila memerlukan perbaikan atau koreksi medis, tentu anak akan membutuhkan beberapa prosedur medis.

Beberapa contoh penanganan medis yang bisa dilakukan adalah pengangkatan eksesi melalui prosedur bedah. Dokter anak akan melakukan prosedur ini dengan bantuan dokter bedah dan dokter ahli lainnya. Kelainan bawaan pada anak biasanya membutuhkan penanganan sejak dini agar tidak mengganggu tumbuh kembang si kecil.

2. Mencegah Penyakit Berbahaya

Melakukan konsultasi di Klinik Dokter Anak tidak hanya masalah pengobatan saja, tetapi juga bisa dilakukan sebagai cara pencegahan. Mendeteksi dini penyakit pada anak akan lebih baik daripada mengobati penyakit yang sudah kadung datang. Dengan pemeriksaan fisik menyeluruh sejak kecil akan membantu dokter menangani.

Tak hanya itu, dokter anak juga sering kali membantu proses rehabilitasi anak dengan bantuan dokter ahli lainnya. Ketergantungan terhadap zat berbahaya juga marak terjadi di kalangan anak saat ini. Oleh karena itu, penanganan kesehatan anak sejak dini perlu dilakukan dan dipantau oleh orang tua dan dibantu team medis.

READ  Cara Menghilangkan Ketombe

3. Layanan ginekologi khusus

Dokter anak berbeda dengan dokter kandungan yang menangani ibu hamil. Dokter anak akan menangani hal yang berkaitan dengan bayi yang baru lahir dan mengamati tumbuh kembangnya. Bila terjadi masalah pada kandungan dan ibu saat proses bersalin, peran dokter anak akan membantu bersama dengan dokter ahli kandungan lainnya.

Klinik dokter anak juga dapat membantu melakukan terapi fisik maupun perilaku anak. Permasalahan mental seperti autisme, disleksia atau bahkan skizofrenia akan membutuhkan bantuan team medis dalam penanganannya. Oleh karena itu, rutin berkonsultasi dengan dokter anak bisa membantu mendeteksi gangguan secepat mungkin.

Kondisi anak yang mempunyai fisik yang berbeda dengan orang dewasa membuat anak butuh penanganan spesialis. Tak hanya imunisasi, berkunjung ke dokter anak juga bisa membantu dalam konsultasi terkait proses tumbuh kembangnya. Informasi tentang hal ini juga bisa anda simak di OMDC.

Info lengkap mengenai dokter anak : https://www.omdc.co.id/klinik-dokter-spesialis-anak

Author: rama

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *