Selain Merangkak, Bayi 7 Bulan Bisa Apa Saja?

perkembangan bayi 7 bulan

Pada bulan ketujuh, bayi umumnya sudah bisa merangkak. Mereka juga sudah mulai bisa makan makanan dengan tekstur lebih padat dibandingkan awal-awal MPASI. Selain itu, masih ada beberapa tanda perkembangan bayi 7 bulan lainnya yang harus Anda pahami. Anda perlu mengetahui bayi 7 bulan bisa apa saja agar bisa memantau tumbuh kembang bayi yang optimal. Hal tersebut bisa mengurangi risiko stunting pada bayi.

Inilah Perkembangan Bayi 7 Bulan, Bisa Apa Saja?

Selain merangkak, berikut ini beberapa hal yang bisa dilakukan bayi di usia 7 bulan:

1. Lebih Banyak Bergerak

Sebenarnya setiap bayi memiliki perkembangan yang berbeda-beda. Ada bayi yang lebih cepat, ada juga yang lebih lambat. Namun umumnya bayi usia 7 bulan yang sudah merangkak juga memiliki gerak yang aktif. Contohnya yaitu sering berguling kesana kemari dan lain sebagainya. Cobalah memberikan stimulasi berupa mainan agar Si Kecil lebih aktif merangkak ke arah Anda.

2. Duduk Sendiri

Bayi usia 7 bulan umumnya juga bisa duduk sendiri tanpa bantuan. Bahkan Si Kecil biasanya akan sangat aktif untuk berganti ke posisi duduk dari posisi tidur ataupun merangkak. Saat bayi sudah bisa merangkak dan duduk sendiri, artinya mereka siap untuk belajar berjalan. Dimulai dengan menahan tegak kakinya sendiri.

3. Lebih Ekspresif

Bayi 7 bulan bisa apa lagi? Si Kecil yang usianya memasuki 7 bulan umumnya sudah mulai lebih ekspresif. Ekspresi wajahnya sudah mulai banyak dan beragam. Tidak hanya tersenyum dan tertawa, Si Kecil juga sudah mulai bisa cemberut dan menunjukkan ekspresi marah. Terkadang bayi juga mulai bisa menirukan ekspresi orang lain yang dilihatnya.

4. Merespon dan Memahami Kata-Kata

Jangan heran jika bayi usia 7 bulan sudah menoleh atau merespon ketika ada yang memanggil namanya. Pasalnya di usia ini Si Kecil memang sudah mampu memahami kata-kata. Selain memberikan respon, Si Kecil mungkin juga bisa menunjukkannya lewat ekspresi. Contohnya ketika Anda bilang “tidak”, ia mungkin akan menunjukkan ekspresi sedih, kesal, atau mengeluarkan rengekan.

READ  Olahraga Di Rumah Yang Aman Untuk Ibu Hamil

5. Babbling atau Mengoceh

Babbling atau mengoceh merupakan fase awal perkembangan bahasa pada bayi. Di usia 7 bulan, bayi sudah mulai bisa mengoceh kata-kata yang tidak jelas. Contohnya yaitu”ma-ma-ma”, “ba”, “ga”, dan lain sebagainya. Anda bisa memberikan respon seolah-olah paham apa yang mereka ucapkan. Hal tersebut menjadi salah satu cara stimulasi perkembangan bahasa bayi.

6. Meraih dan Menggenggam Benda

Bayi yang usianya di bawah 7 bulan biasanya sudah bisa menggenggam. Namun ketika memasuki usia ini, Si Kecil bisa meraih benda yang letaknya lebih jauh. Beberapa anak bahkan sudah mulai mencoba makan sendiri dengan sendok yang Anda pegang. Pada masa tersebut, Anda bisa menyiapkan sendok plastik yang aman untuk mereka.

7. Mengenali Wajah Orang Terdekat

Ciri perkembangan bayi 7 bulan yang terakhir yaitu mengenali wajah orang terdekat. Contohnya yaitu ayah, ibu, kakak, nenek, kakek, atau orang-orang yang sering dilihat. Ketika bertemu orang asing, mungkin Si Kecil akan menarik diri atau bahkan menangis. Anda tidak perlu khawatir karena hal tersebut biasa. Seiring perkembangannya, Si Kecil bisa beradaptasi dengan orang asing.

Nah itulah berbagai hal yang bisa dilakukan bayi usia 7 bulan. Anda wajib mengetahui bayi 7 bulan bisa apa untuk membantu perkembangannya. Bayi usia 7 bulan sudah mulai bereksplorasi sehingga Anda harus membantu mereka merasa nyaman untuk bereksplorasi.

Jangan lupa berikan popok yang nyaman seperti MAKUKU SAP Diapers Comfort. Popok generasi baru dengan struktur inti SAP ini mampu menyerap cairan dan menguncinya. MAKUKU merupakan popok yang super tipis super menyerap dan anti gumpal. Jadi Si Kecil bebas bergerak tanpa takut popok bocor ataupun menggumpal.

 

Author: rama

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *