Tenggorokan Anda Sering Gatal? Ini Kenalilah Sebab-Sebabnya

Rasa gatal di tenggorokan membuat aktivitas kita terganggu. Bahkan makan juga menjadi tidak enak karena rasa gatal dan sakit yang dirasakan. Tenggorokan yang gatal sering kali disebabkan oleh banyak hal, mulai dari alergi, virus, bakteri, cuaca, dan faktor makanan tertentu.

Tenggorokan gatal dapat memicu beberapa masalah serius lainnya, seperti: radang tenggorokan, infeksi virus, dan juga asma. Namun yang lebih banyak dirasakan pada akhir-akhir ini yaitu radang tenggorokan.

Untuk mengatasi tenggorokan gatal, selain dengan obat juga dapat dilakukan dengan menghindari beberapa hal yang menyebabkan tenggorokan gatal berikut ini:

1. Makanan Pedas

Sudah jamannya semua masakan yang tersaji terasa tidak lengkap jika tidak dihadiri cabai. Memang, makanan pedas dapat terasa nikmat jika dimakan pada saat terkena flu. Namun konsumsi makanan pedas secara berlebih dapat menyebabkan gatal pada tenggorokan.

Sebaiknya hindari makanan pedas pada porsi yang berlebih dan waktu yang dekat. beberapa contoh makanan pedas tersebut adalah sambal, bubuk cabai yang biasa ditaburkan di atas makanan, cengkeh, lada hitam, dan beberapa rempah lain yang memiliki rasa pedas. Sebenarnya rempah memiliki manfaat positif bagi tubuh, namun jika dikonsumsi pada waktu yang tidak tepat justru akan menimbulkan masalah.

2. Makanan Kering

Biasanya makanan ini tergolong dalam kategori camilan. Makanan yang kering dan bertekstur keras dapat menyebabkan gatal di tenggorokan. Masalah lebih serius lainnya dapat menyebabkan radang tenggorokan.

Beberapa makanan yang termasuk makanan kering yaitu kue kering, sereal, kacang-kacangan, biskuit, dan beberapa makanan kasar lainnya.

3. Makanan Berminyak

Berbagai macam gorengan menjadi primadona di Indonesia, seperti pisang goreng, tempe goreng, onde-onde dan semua camilan yang digoreng dapat menyebabkan gatal di tenggorokan.

READ  Cara Mencegah Agar Tidak Terjerumus ke Narkoba

Minyak dapat membawa dampak negatif bagi tenggorokan, selain itu minyak yang berlebih dapat ikut serta dalam aliran darah sehingga menyebabkan kolestrol, jantung koroner, dan berbagai penyakit lainnya. Untuk iu bagi pecinta gorengan, sebainya mulai untuk mengurangi konsumsi gorengan.

4. Kafein

Kandungan kafein identik pada kopi. Minuman nikmat yang dapat meningkatkan konsentrasi dan daya fokus. Namun konsumsi kopi di saat yang tidak tepat dapat memicu rasa gatal pada tenggorokan.

Minum kopi terlalu sering dapat membuat tenggorokan terasa kering, akibatnya akan terasa gatal hingga menyebabkan radang.

5. Makanan Asam

Zat asam yang ditimbulkan suatu makanan dapat menyababkan tenggorokan terasa gatal. Diantara makanan yang terasa asam yaitu mangga muda, kedondong, cuka, jeruk, acar, dan juga asam jawa.

6. Susu

Sebaiknya lebih bijaksana dalam mengonsumsi susu. Lemak yang terkandung pada susu dapat memicu rasa gatal yang berada pada tenggorokan. Selain itu, susu juga mengandung lemak yang dapat mengganggu proses pencernaan.

Selain susu, berbagai macam olahan yang berbahan dasar susu sebaiknya dikurangi, agar terhindar dari sakit tenggorokan. Pada dasarnya susu menyehatkan, jika dikonsumsi tidak berlebihan.

Dari uraian di atas, sebaiknya kita dapat mengambil sebuah kesimpulan. Bahwa tidak semua makanan yang kita rasa aman untuk dikonsumsi malah menjadi penyebab dari penyakit lainnya. Bagaimanapun juga mencegah lebih baik daripada mengobati. Untuk itu, lebih bijaksana untuk mengonsumsi makanan.

Namun apabila sudah terlanjur mengalami gatal pada tenggorokan sebaiknya konsumsi sup ayam hangat, Pisang, Bawang putih, dan jahe hangat. Beberapa bahan herbal tersebut dapat membuat tenggorokan merasa lega.

READ : Kumis Kucing dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

REAd : 7 Khasiat Pandan Wangi Bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui

READ  Cara Menghilangkan Ketombe

Author: rama

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *